FILE PDF RAWAN DISUSUPI TROJAN.

Kata-kata PDF sudah tak asing lagi bagi kita semua, hampir semua dokumen-dokumen yang ada di internet semua menggunakan format PDF. Banyaknya user yang menggunakan format ini, maka oleh para pembuat malware yang dengan sengaja menjadikannya sasaran serangan empuk. Para penyerang melakukan ekslpoit pada sejumlah kelemahan yang ada pada PDF Adobe.


            Lebih dari 50% serangan dilakukan melalui Trojan terhadap file PDF. Mayoritas penyerang berkembang dari metodologu serangan terhadap PDF, yang dianggap sebagai cara paling sederhana untuk menyebarkan malware ke seantero internet.
            PDF juga banyak dipakai untuk format ebook. Ya, format ini sudah lama dipakai, namun serangan malware yang menyusup kedalamnya baru mulai akhir-akhir ini.
            Mungkin anda bertanya-tanya, kenapa PDF yang dijadikan media penyebar malware?, mungkin alasan dibawah ini yang bisa menjawabnya.
1. PDF dipakai secara luas (laporan pajak, slip pembayaran, ebook, dan sebagainya).
2. PDF mampu menjalankan konten aktiv seperti java script.
3. PDF mampu membuat request HTTP.
4. PDF mampu menjalankan format rich media (.swf, .avi, .mpeg, .asf, .wmv, .wmx dan .spl).

            Berdasarkan semua fitur itu, maka dapat dikatakan bahwa PDF tergolong sebagai konten aktive. Format lain PDF juga mampu menjadi sasaran, misalnya Flash [SWF], dapat menjadi lemah ketika dikombinasikan dengan PDF.
            Jadi, bagaimana menurut anda? kuncinya hanya berhati-hati jika mendownload sebuah ebook yang berformat PDF. Hanya kita yang bias mencegah malware-malware tersebut. Semoga bermanfaat.