KUNCI AMAN BELANJA DI INTERNET PART 3 [PELAJARI KEBIJAKAN PEMBATALAN/PENGEMBALIAN BARANG]

Kalau belanja di took biasa, tidak jarang kita mengembalikan barang yang dibeli jika terdapat cacat atau perlu diservis. Deimikian pula halnya dengan took online, jangan lupa memeriksa kebijakan dari took online tersebut terhadap pembatalan atau pengembalian barang yang sudah terlanjur kita beli.
Jangan beranggapan karena took tersebut beroperasi secara online, mereka lantas mengabaikan hak dari pembeli. Untuk itu perhatikan pertanyaan di bawah ini, apakah mereka sanggup untuk memenuhi hak-hak pembeli:
• Siapa yang membayar biaya pengiriman?
• Apakah ada batas waktu atau pembatasan lainnya untuk pengembalian atau pembatalan produk yang dibeli?
• Apakah kita mendapatkan pengembalian dana penuh ketagihan kartu kredit jika melakukan pembatalan?
• apakah dikenai biaya jika kita membatalkan atau mengembalikan order?
• Apakah penjual menampilkan nomor telepon atau alamat e-mail untuk complain?
• Sudah berapa lama perusahaan online tersebut berkecimbung dalam bisnisnya?
• Apakah mereka akan masih eksis saat kita membutuhkannya?
• Apakah mereka menyediakan cara yang mudah untuk jasa perbaikan dan servis?
• Apakah ada garansi produk, dan siapa yang menjaminnya?
• Apa ada batasnya, dan dalam keadaan apa anda berhak mendapatkan garansi?

Sumber: komputek